Kota Bekasi News

Monday, October 13, 2008

KRISIS AIR BERSIH ANCAM KAB BEKASI

Bekasi, Kompas - Sedikitnya tiga kecamatan di Kabupaten Bekasi, yakni Cibarusah, Serangbaru, dan Bojong Mangu, dilaporkan terancam krisis air bersih. Sementara lebih dari 3.500 hektar sawah di 11 kecamatan di Kabupaten Bekasi terancam gagal panen akibat kekeringan.

Ancaman krisis air bersih di Cibarusah, Serangbaru, dan Bojong Mangu akibat sumber air setempat mengalami kekeringan. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Bekasi Darip Mulyana, ketika ditemui pada Jumat (25/7). ”Ancaman itu akan menjadi kenyataan kalau bulan Agustus nanti tidak turun hujan,” kata Darip.

Untuk menanggulangi krisis air bersih di Cibarusah, Serangbaru, dan Bojong Mangu, dalam waktu dekat ini, kata Darip, Pemda Bekasi akan mendistribusikan air melalui truk-truk tangki ke wilayah yang mengalami kekurangan air bersih. Sementara untuk mengantisipasi kekurangan air bersih di masa depan, Pemkab Bekasi berencana menyedot air baku Kali Malang dan memasang pipa penyaluran ke daerah-daerah rawan air bersih.

”Instalasi pengolah airnya sudah ada di Cibarusah dan Bojong Mangu. Namun kendalanya, pasokan air dari Kali Malang belum maksimal,” kata Darip menambahkan.

Kekeringan juga mengakibatkan 3.500 hektar sawah di 11 kecamatan di Kabupaten Bekasi terancam gagal tanam dan gagal panen. Kondisi itu dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap hasil panen Kabupaten Bekasi.

Sampai 2006, sawah di Kabupaten Bekasi menghasilkan 530.683 ton gabah atau setara 344.943 ton beras. Setelah dikurangi kebutuhan konsumsi penduduk, hasil sawah di Kabupaten Bekasi tersebut mengalami surplus beras sebesar 51.677 ton. Kondisi ini menempatkan Kabupaten Bekasi sebagai salah satu lumbung beras Jawa Barat.

Menurut Darip, kekeringan tahun ini akan berdampak terhadap berkurangnya hasil produksi beras dan surplus beras di Kabupaten Bekasi.

Pemkab Bekasi sudah menganggarkan dana sekitar Rp 3 miliar untuk pengadaan pompa air dan perlengkapannya. Pompa air itu rencananya akan dibagikan sebelum kekeringan terjadi. Akan tetapi, pengadaan pompa air itu baru terealisasi pada September atau Oktober nanti. (COK)

No comments:

Post a Comment

Pemerintah Kota Bekasi

dobeldobel.com - webrizal.com

My weblink